uus07khasanah

SILABUS KIMIA SMA

silabus-kimia-x

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah           :  SMA ………………….

mata Pelajaran          :  KIMIA

Kelas/Semester          :  X/1

Standar Kompetensi :  1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

Alokasi waktu            :  16 JP (UH 2 JP)

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/

Ekonomi Kreatif

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber/Bahan/alat

1.1.Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron  o Perkembangan teori atom, mulai dari teori Dalton sampai dengan teori atom modern “  Jujur“  Kerja kera

“  Toleransi

“  Rasa ingin tahu

“  Komunikatif

“  Menghargai prestasi

“  Tanggung Jawab

“  Peduli lingkungan

“  Percaya diri“  Berorientasi tugas dan hasil

 

o    Mengkaji atom sebagai partikel dasar penyusun materi (teori atom Dalton) dalam diskusi kelompok.o    Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya)

o    Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian

o    Menyimpulkan hasil pembelajaran

o    Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isoton dan isoton melalui kerja kelompok.

o    Mengkaji massa atom dan massa atom  relatif dalam diskusi kelompok.

o    Mengkaji konfigurasi elektron dan cara penulisannya dalam diskusi kelas.

o    Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimeno    Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.

o    Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya

o    Menentukan massa molekul relatif.

o    Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.

Jenis tagihan:Tugas kelompok

Kuis

Ulangan

Bentuk instrumen:

Laporan tertulis

Performans (Kinerja dan sikap)

Tes tertulis

6 JP

Sumber:Buku kimia,

Tabel periodik

LKS

o Perkembangan tabel periodik unsur “  Jujur“  Kerja kera

“  Toleransi

“  Rasa ingin tahu

“  Komunikatif

“  Menghargai prestasi

“  Tanggung Jawab

“  Peduli lingkungan

“  Percaya diri“  Berorientasi tugas dan hasil

 

o    Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna daftar tersebut melalui diskusi kelas.o    Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok

o    Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.

o    Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.o    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

 

2 JP

o  Sifat kepriodikan unsur “  Jujur“  Kerja kera

“  Toleransi

“  Rasa ingin tahu

“  Komunikatif

“  Menghargai prestasi

“  Tanggung Jawab

“  Peduli lingkungan

“  Percaya diri“  Berorientasi tugas dan hasil

 

o    Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.o    Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.

o    Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid

o    Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.o    Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.

o    Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.

4 JP

1.2. Membandi-ngkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk. Ikatan kimiao Kestabilan unsur

o Struktur lewis

o Ikatan ion dan ikatan kovalen

o Ikatan kovalen koordinat

“  Jujur“  Kerja kera

“  Toleransi

“  Rasa ingin tahu

“  Komunikatif

“  Menghargai prestasi

“  Tanggung Jawab

“  Peduli lingkungan

“  Percaya diri“  Berorientasi tugas dan hasil

 

o  Menhgkaji beberapa senyawa untuk menentukan mengapa  atom-atom membentuk ikatan kimia.o  Menentukan unsur yang dapat melepas elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok.

o  Menggambarkan lambang Lewis melalui diskusi kelas

o  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas.

o  Mendiskusikan proses terjadinya ikatan kovalen koordinat dari beberapa contoh sederhana

o  Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.o  Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia.

o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion

o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dan rangkap tiga.

o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi

Jenis tagihan:Kuis

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk instrumen:

Laporan tertulis

Performans (Kinerja dan sikap)

Tes tertulis

4 JP

Sumber:Buku kimia

Bahan/Alat

LKS

o Senyawa kovalen polar dan non polaro ikatan logam “  Jujur“  Kerja kera

“  Toleransi

“  Rasa ingin tahu

“  Komunikatif

“  Menghargai prestasi

“  Tanggung Jawab

“  Peduli lingkungan

“  Percaya diri“  Berorientasi tugas dan hasil

 

o Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratoriumo Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannnya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium. o Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaano Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam

o Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.

2 JP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: